Operasi Dilakukan Tanpa Pembiusan, Bagaimana Ya ??

 

Operasi Dilakukan Tanpa Pembiusan - Bayangan kengerian mungkin akan hinggap di dalam bayangan Anda saat mengetahui sebuah tindakan operasi dilakukan tanpa pembiusan. Namun, hal ini memang terjadi. Tak semua tindakan operasi harus menggunakan Obat Bius Ampuh total (sepenuhnya). Beberapa operasi nyatanya hanya membutuhkan pembiusan lokal saja. Dalam beberapa kasus dan berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti kenyamanan pasien atau lokasi operasi, terkadang dokter lebih memilih menggunakan teknik bius regional (lokal) untuk mengurangi efek samping pembiusan. Tentunya, hal ini juga perlu peran yang kooperatif dari pasien, agar operasi tetap berjalan lancar.


Berikut beberapa operasi yang menggunakan bius lokal atau regional. 
  • Operasi Sesar - Sebuah operasi sesar biasanya dilakukan di bawah anestesi spinal atau epidural analgesia. Obat bius lokal akan disuntikkan ke salah satu ruas tulang belakang. Teknik ini juga umum dilakukan untuk tindakan operasi perut bawah, panggul, dan tungkai bawah. Pembiusan ini akan membuat bagian bawah tubuh menjadi mati rasa. Biasanya diperlukan waktu 40-50 menit untuk melakukan pembiusan sebelum operasi, tetapi bisa dilakukan lebih cepat dalam keadaan darurat.
  • Operasi Usus Buntu - Dalam operasi usus buntu, penderita juga cukup diberikan anestesi lokal. Sebab bagian tubuh yang akan mengalami pembedahan hanyalah perut bagian bawah. Sama seperti pada operasi sesar, obat bius lokal disuntikkan ke salah satu ruas tulang belakang. Hal ini mampu membuat penderita tidak merasa nyeri ketika operasi berlangsung.
  • Operasi Pada Tungkai Atas dan Bawah - Operasi pada daerah tungkai atas (daerah lutut sampai pangkal paha) dan tungkai bawah (daerah lutut hingga ke telapak kaki) juga hanya menggunakan anestesi lokal. Biasanya dokter akan menggunakan teknik blok regional saraf tepi. Dokter akan menyuntikan obat bius lokal pada syaraf yang melayani daerah tungkai tersebut.
  • Operasi Bedah Minor - Pemberian bius lokal juga biasa digunakan dalam operasi bedah minor di permukaan kulit. Biasanya dokter akan memberikan topikal analgesia. Topikal (surface) analgesia dapat berupa obat tetes mata atau krim yang dioleskan pada area tertentu. Teknik Obat Bius lokal ini juga biasa diberikan pada tindakan bedah pada permukaan selaput lendir mata.
  • Transplantasi Rambut - Kebanyakan transplantasi rambut juga dilakukan dengan anestesi lokal. Pada transplantasi rambut, ahli bedah terlebih dahulu akan membersihkan kulit kepala pasien sebelum memberikan anestesi lokal pada daerah kulit kepala. Bius lokal akan membantu mematikan rasa daerah di sekitar lokasi transplantasi rambut tersebut.
Operasi Dilakukan Tanpa Pembiusan, Bagaimana Ya ?? 4.5 5 Anak Wangkong Operasi Dilakukan Tanpa Pembiusan - Bayangan kengerian mungkin akan hinggap di dalam bayangan Anda saat mengetahui sebuah tindakan operasi ...


Back to top